31 Oktober 2008

(BUKAN) TENTANG AKU

Aku lahir atas nama topeng dan kepalsuan. Tak ada keraguan dengan itu. Sama yakinnya aku bahwa aku hidup pada setting-seting yang telah dibentuk alam. Bahkan setiap kata yang aku buang dan setiap bentuk yang aku buat telah diperhitungkan. Semua tinggal dijalani dan ditunggu. Menanti scene satu selesai lalu memulai lagi scene yang baru. Begitu seterusnya sampai scene bagianku selesai aku lakonkan. Semua itu adalah tumpukan doktrin yang mengendap diotakku setelah mereka meniupkannya ditelinggaku.

Aku hidup dalam stagnansi dan kehampaan. Hidupku bergoyang hanya jika tertiup angin. Layu jika hujan tidak datang. Tidak makan jika matahari tidak memberi. Tapi aku dapat tertawa, marah bahkan menangis. Tapi apa kau tahu mengapa aku tertawa, marah atau menangis? Bahkan aku sendiripun tak punya alasan. Yang aku tahu aku tertawa, marah ataupun menangis bukan karna aku harus tertawa, marah atau menangis. Aku melakukan semua itu karena mereka tersedia. Aku sadar benar bahwa aku dibekali banyak topeng sejak aku lahir. Dan aku harus merawat topeng-topeng itu dengan sebenar-benarnya. Tak ada cara lain selain memakai mereka silih berganti. Lagipula hanya topeng-topeng itu permainan yang dapat aku mainkan, walau kadang mereka yang mempermainkan aku. Karena sutradara kehidupan hanya membekaliku topeng-topeng itu agar aku dapat bertahan sampai scene terakhir aku lakonkan.

Aku hilang tertiup angin dan tenggelam dalam hitam. Tak ada yang harus disesali. Aku berteman baik dengan angin. Tapi hitam racun bagiku. Suatu scene angin meniupku dengan lembut sampai aku tertidur. Aku terbangun kala angin meniupku begitu kencang. Lalu aku sadar, ini scene terakhir yang harus aku lakonkan karena hitam telah mengepungku. Akhirnya topeng terindah yang belum pernah kupakai harus aku pakai. Aku harus memukau, karena ini kali terakhir aku berlakon pada panggung kehidupan. Topeng kegelisahan.Karena doktrin yang menumpuk diotakku tak pernah membuatku gelisa.

2 komentar:

Cha2... mengatakan...

Macful....

Luphi ChantiQ_ mengatakan...

mapul jelek...
weeeek....